Introduction To Java Progamming
A. Komputer
komputer adalah suatu perangkat alat elektronik yang dapat menerima masukan(input)
dan selanjutnya di oalah (proses) yang menghasilkan keluaran(output) berupa informasi.
dan selanjutnya di oalah (proses) yang menghasilkan keluaran(output) berupa informasi.
Contoh komponen hardware yang ada di dalam komputer,central processing unit(cpu), memory (hardisk),RAM,storage device.cpu sendiri adalah otak dari komputer,cpu memiliki dua komponen, di antaranya control unit dan arithmetic yang berfungsi menjalankan operasi angka.
1.Cpu
2.Bit and Bytes
3.Memory
memory adalah tempat penyimpanan suatu data dan sebagai penampilan informasi data, informasi
yang di tampilkan berupa angka , huruf.
4.Storage Devices
storage device adalah tempat pemyimpanan tetap,contoh storage device ialah disk drives , cd drives , USB , tape drives
5.Input and Output Devices
input adalah semua data dan perintah yang di masukan ke dalam memory komputer untuk selanjutnyadi proses lebih lnjut prosesor,contoh keyboard dan mouse
output adalah data yang di proses menjadikan bentuk yang dapat di gunakan
contoh dari output adalah monitor
comuniation device adalah perangkat komunikasi yang berhubungan komputer dengan jaringan internet,contoh wireless
progam yaitu berupa software untuk menjalankan perangkat komputer sehingga software dan hardware saling berhubungan
6.Communication Devices
B.Progaming Language
1.Machine Language
2.Assembly Language
3.High Level Language
C.Operating System
Operating Sytem(OS) adalah berupa software yang berfungsi menjalankan suatu
perangkat komputer sekaligus memanagement, aplikasi suatu progam tidak berfungsi tanpa adanya OS,contoh dari OS,Linux,Windows,Mac OS.
java saat ini sedang populer di dunia IT,java bisa di gunakan sebagai design dan membuat suatu progam,misal progam java perhitungan aritmatika,menghitung rata-rata nilai
contoh aplikasi java ialah Jcreator,Geany,Netbeans,Ecplise.
1.Controlling and Monitoring System Activities
2.Allocating and Assigning System Resources
3.Scheduling Operations
D.Java, the World Wide Web, and Beyond
E.The Java Language Specification, API, JDK, and IDE
F.Simple Java Program
G.Creating, Compiling, and Executing a Java Program
H.Programming Style and Documentation
1. Appropriate Comments and Comment Styles
2. Proper Indentation and Spacing
3. Block Styles
J.Programming Errors
1.Syntax Errors
A.ShowSyntaxErrors.java
2.Runtime Errors
A.ShowRuntimeErrors.java
3.Logic Errors
A.ShowLogicErrors.java
4.Common Errors
K. Developing Java Programs Using NetBeans
1.Creating a Java Project
2.Creating a Java Class
3.Compiling and Running a Class
L. Developing Java Programs Using Eclipse
1.Creating a Java Project
2.Creating a Java Class
3.Compiling and Running a Class